Custom Search

Formula Bisnis

Anda ingin Berbisnis Forex/Saham dengan Modal Gratis ?

http://iklan.000webhost.com/images/marketiva.gif

Sabtu, 31 Januari 2009

Evaluasi Telkom Speedy Unlimited Paket Office


Tidak terasa hampir 1 tahun saya menggunakan paket telkomspeedy unlimited paket office. Januari 2008, saya memutuskan untuk berganti paket dari paket time based ke unlimited (office) karena ada permintaan tetangga-tetangga sekitar untuk ikut menikmati akses internet dalam satu perumahan. Jadilah saya membuat RT/RW Net.

Selain itu di kantor adek saya juga terpaksa harus memakai telkom speedy paket unlimited karena ada kebutuhan akan akses internet terus menerus yang stabil dan murah sebagai komunikasi server ke remote client dan remote server maupun sebagai web server.

Evaluasi secara umum tentang paket telkom speedy paket unlimited office yang ada di daerah rumah saya (BANTENG, KAB. SLEMAN) dan kantor adek saya (NGAMPILAN, YOGYAKARTA) adalah sebagai berikut :

1. Secara keseluruhan paket ini sangat membantu bagi orang-orang yang membutuhkan akses internet terus menerus dengan biaya yang terjangkau yaitu sekitar Rp 820.000,- setiap bulan (termasuk PPN). Harga paket sebelum PPN adalah Rp 750.000,- tiap bulan.

2. Hal yang sangat menguntungkan adalah pemberian IP statik sehingga memungkinkan untuk digunakan sebagai komunikasi host to host ataupun host to client seperti misalnya untuk web server. Sejauh ini saya sudah menggunakan komputer di rumah saya untuk menjadi server forum diskusi, sms gateway, dan web server. Ketiganya berjalan lancar sampai saat ini.

3. Kecepatan akses paket unlimited dijanjikan adalan up to 1 Mbps (125 KB/s), namun kenyataannya hanya sekitar 400-700 Kbps (50KB/s - 80KB/s) saja yang didapatkan.

4. Kestabilan secara umum dalam kategori cukup, dalam artian telkom speedy unlimited pake office tidak selalu bisa memberikan akses yang stabil karena pada waktu tertentu bisa saja putus tiba-tiba (DC). Untungnya ini tidak sering terjadi (beberapa hari atau seminggu sekali).

5. Kinerja kecepatan akses telkom speedy paket unlimited dari waktu ke waktu cenderung menurun. Pada awal April 2008, kecepatan aksesnya mencapai 800 Kbps (100 KB/s) namun sejalan dengan waktu dan mungkin bertambahnya pengguna kecepatan 800 Kbps atau 100 KB/s tidak pernah didapatkan terkecuali untuk mendownload di server INHERENT (antar universitas seperti ITB, UI dan UGM) dan server www.foss-id.web.id.

6. Kantor adek saya dan rumah saya menggunakan linux ubuntu, paket speedy unlimited ini sangat menguntungkan bagi kami karena dapat melakukan update ubuntu dengan cepat (meski sebenarnya masih tergolong lambat tapi lumayan bisa mendapatkan 80KB/s).

7. Menurut pengalaman saya, kelemahan dari paket unlimited paket office adalah ketidakstabilan kecepatan akses, kemudian juga Quality of Service (QoS) yang rendah. Hal ini berbeda dengan paket unlimited warnet yang harganya hampir 2 kali lipat dari paket office. Perbedaan paket unlimited office dan warnet bisa Anda baca di sini : Beda Paket Speedy WARNET dan Unlimited Biasa.

Perlu saya sampaikan bahwa evaluasi ini bukanlah IKLAN atau PROMOSI tapi hanya sekedar pengalaman saya untuk menambah wacana bagi para pengguna telkom speedy.

Menurut saya pribadi, produk telkom speedy paket unlimited office ini bukan produk yang terbaik, masih memiliki kelemahan-kelemahan sebagaimana produk-produk yang lain. Harapan saya semoga telkom bisa meningkatkan kualitas dari paket unlimited ini, khususnya speedy office baik dari segi kestabilan dan juga kecepatan meski dengan biaya yang murah.

Saya juga masih melakukan pencarian ISP yang memberikan jasa sejenis, sejauh ini masih telkom speedy unlimited office yang terjangkau bagi saya dan kantor adek saya. Untuk sementara, telkom speedy menjadi ISP primer dan saya juga menggunakan ISP dari Jogja Media Net sebagai ISP skunder (Kecepatan akses dibawah 128 Kbps atau 16 KB/s, dan sangat tidak stabil).

Saya sudah mencoba paket unlimited IM2 Broom, sayangnya paket itu tidak memberikan IP statik dan juga sama-sama tidak stabil. Ada tawaran untuk menggunakan Wave Lan, tapi kompensasi pembuatan tower dan langganan per bulannya sangat mahal berkisar lebih dari 2 juta.

Mungkin ada yang tahu produk seperti telkom speedy unlimited office namun lebih baik dalam kualitas dan juga dengan harga terjangkau?

Tidak ada komentar: