Custom Search

Formula Bisnis

Anda ingin Berbisnis Forex/Saham dengan Modal Gratis ?

http://iklan.000webhost.com/images/marketiva.gif

Sabtu, 31 Januari 2009

Speedy Office /= Speedy Warnet


Speedy unlimited warnet dengan Speedy unlimited office itu tidaklah sama. Dari harganya aja udah beda ya kan… :) Banyak orang yang engga tahu perbedaannya. Di sini saya coba menjelaskan perbedaan dari Saudara kembar yang berbeda kemampuan itu.

Menurut para ahli dari BCC (Broadband Care Center) perbedaan Speedy unlimited warnet dan Speedy unlimited office itu terletak pada QoS alias Quality of Service. Baca bener-bener ya, jangan kelewat satu huruf sekalipun, karena akan fatal akibatnya :( Speedy unlimited warnet :

  1. Biaya pasang baru (PSB) Rp. 75.000,00
  2. Harganya Rp. 1.750.000,00 sebelum PPn 10% dan bea materai
  3. Kuotanya unlimited
  4. QoS bandwidth 32 kB/s (kurang lebih 256 kbps). Artinya minimal anda akan mendapatkan speed tidak kurang dari 32 kB/s (walaupun speed upto 384 kpbs yang dijaminkan telkom adalah speed dari modem sampai BRAS)
  5. SLG (Service Level Guarantiee) kurang dari 2 hari

Speedy unlimited office :

  1. Biaya pasang baru (PSB) Rp. 75.000,00
  2. Harganya Rp. 750.000,00 sebelum PPn dan bea materai
  3. Kuotanya unlimited
  4. QoS bandwidth 16 kB/s (kurang lebih 128 kbps). Artinya minimal anda akan mendapatkan speed tidak kurang dari 16 kB/s. Padahal speedy teorenya bisa sampe 48 kB/s
  5. SLG (Service Level Guarantiee) kurang dari 3 hari

Tarif baru speedy mulai 1 April 2007

Seperti kita ketahui bersama bahwa koneksi intenet broadband speedy jika jam - jam sibuk koneksi internasionalnya selalu melambat dibandingkan jika mengakses diatas jam 11 malam. Kalo menggunakan speedy unlimited office, di cuaca yang cerah, menyegat, atau mendung di kala siang bolong kecepatan link internasionalnya berada pada kisaran 18-24 kB/s. Kalo di malam yang gelap gulita dan hening di mana hanya ada suara jangkrik dan burung hantu serta serigala yang melolong dapetnya bisa 38-43 kB/s.

Hal yang agak sedikit menggembirakan hati kalo pake Speedy unlimited warnet, ketika siang (jam sibuk) kecepatan link internasional dapetnya selalu diatas 30 kB/s.

Please get attention to this, Speedy unlimited warnet dan office kan selalu di sharing lagi ke beberapa komputer, pasti akan terasa lagi perbedaannya yang sungguh signifikan. Ketika speedy unlimited office disharing ke lebih dari 10 komputer dan mereka mengakses internet secara bersamaan, pasti akan terasa sangat lambat. Seandainya speedy unlimited office dishare ke lebih dari 10 PC kantor lebih baik gunakan server lagi dengan manajemen bandwidth yang baik, kalau engga dor dor dor …… tewas koneksinya …. :)

Lain halnya dengan speedy unlimited warnet, ketika dishare ke lebih dari 10 PC tanpa menggunakan server, speednya masih lumayan bisa “bertahan”. :)

Ada anak bertanya pada Bapaknya “Bisa gak sih speedy unlimited office dipakai untuk warnet”. Bapak menjawab “Rasanya sih bisa, asal kamu bisa yakin kalo QoS 16 kB/s itu cukup untuk warnet kamu. Sementara urusan legal atau tidak, Bapak engga tau pasti”.

Kalo Anda mau membuka warnet kecil-kecilan (kurang dari 6 PC client) coba pake paket speedy time based. Kenapa ? Karena dari segi harga sangat reasonable sekali, sebulan Rp. 200.000 sudah mendapatkan jatah 50 jam, kelebihannya Rp. 25 / menit sama dengan Rp. 1.500 / jam.

Beberapa hal yang perlu diketahui mengenai koneksi internet broadband speedy :

  1. Speed 64/384 kbps adalah speed yang dijaminkan oleh telkom dari modem sampai BRAS, urusan setelah BRAS ke gateway internasional dapet speednya kurang dari itu ya bukan urusan TELKOM. :p
  2. Jika anda ingin berlangganan speedy, tanyakan dulu ke 147 apakah nomor telepon anda dapat digunakan. karena banyak yang kecewa karena teleponnya tersambung dengan FO serta WLL (bukan kabel fisik tembaga)
  3. Pastikan kondisi kabel telepon setelah DW menuju ke modem dalam kondisi yang prima (kalo bisa sih pake kabel twisted dengan diameter tembaga 0,6 mm)
  4. Gunakan modem yang teruji “tahan banting” dan awet. Jangan ragu bertanya kepada rekan - rekan anda mengenai hal ini.
  5. Setelah anda berlangganan pastikan kondisi SNR margin diatas 25 dB dan line attenuation dibawah 10 dB. Semakin besar nilai SNR margin dan semakin kecil nilai line attenuation maka kualitasnya semakin baik
  6. Apabila anda mengambil paket limited, pastikan komputer anda bersih dari virus/trojan/downloader dll. Biasakan mematikan modem apabila tidak digunakan (apalagi untuk speedy time based)
  7. Speedy unlimited warnet dan office akan mendapatkan IP address static, sedangkan speedy limited personal, professional dan time based akan mendapatkan IP address dynamic.
  8. Modem ADSL seiring berjalannya waktu akan mengalami penurunan kualitas, jadi jangan heran jika nantinya setelah lebih dari setahundigunakan performanya menurun. Indikasi yang paling mudah terlihat adalah lamanya proses connecting modem ke DSLAM.
  9. Semakin dekat posisi anda dengan sentral telepon (MDF) maka semakin baik kualitas sambungan speedy anda.
  10. Kualitas sambungan speedy akan sangat dipengaruhi oleh kualitas kabel dan besarnya interferensi yang memengaruhi.

Segitu aja sih review saya mengenai speedy ini. Untuk daftar istilah kan bisa tanya sama mbah google atau ke wikipedia. OK

Sedikit informasi dan banyak manfaat bagi pemilik warnet untuk mendapatkan uang lebih banyak dari internet selagi menjalankan usaha warnet adalah dengan Sponsoredreviews, apa itu Sponsoredreviews? cari tahu di tulisan Saya dengan judul Sponsoredreviews alternatif lain mendulang dollar.

Jadi kamu punya dua mesin uang, satu dari usaha warnet kamu, dan satu lagi dari koneksi internet yang kamu punya, kamu bisa menghasilkan uang juga.

Evaluasi Telkom Speedy Unlimited Paket Office


Tidak terasa hampir 1 tahun saya menggunakan paket telkomspeedy unlimited paket office. Januari 2008, saya memutuskan untuk berganti paket dari paket time based ke unlimited (office) karena ada permintaan tetangga-tetangga sekitar untuk ikut menikmati akses internet dalam satu perumahan. Jadilah saya membuat RT/RW Net.

Selain itu di kantor adek saya juga terpaksa harus memakai telkom speedy paket unlimited karena ada kebutuhan akan akses internet terus menerus yang stabil dan murah sebagai komunikasi server ke remote client dan remote server maupun sebagai web server.

Evaluasi secara umum tentang paket telkom speedy paket unlimited office yang ada di daerah rumah saya (BANTENG, KAB. SLEMAN) dan kantor adek saya (NGAMPILAN, YOGYAKARTA) adalah sebagai berikut :

1. Secara keseluruhan paket ini sangat membantu bagi orang-orang yang membutuhkan akses internet terus menerus dengan biaya yang terjangkau yaitu sekitar Rp 820.000,- setiap bulan (termasuk PPN). Harga paket sebelum PPN adalah Rp 750.000,- tiap bulan.

2. Hal yang sangat menguntungkan adalah pemberian IP statik sehingga memungkinkan untuk digunakan sebagai komunikasi host to host ataupun host to client seperti misalnya untuk web server. Sejauh ini saya sudah menggunakan komputer di rumah saya untuk menjadi server forum diskusi, sms gateway, dan web server. Ketiganya berjalan lancar sampai saat ini.

3. Kecepatan akses paket unlimited dijanjikan adalan up to 1 Mbps (125 KB/s), namun kenyataannya hanya sekitar 400-700 Kbps (50KB/s - 80KB/s) saja yang didapatkan.

4. Kestabilan secara umum dalam kategori cukup, dalam artian telkom speedy unlimited pake office tidak selalu bisa memberikan akses yang stabil karena pada waktu tertentu bisa saja putus tiba-tiba (DC). Untungnya ini tidak sering terjadi (beberapa hari atau seminggu sekali).

5. Kinerja kecepatan akses telkom speedy paket unlimited dari waktu ke waktu cenderung menurun. Pada awal April 2008, kecepatan aksesnya mencapai 800 Kbps (100 KB/s) namun sejalan dengan waktu dan mungkin bertambahnya pengguna kecepatan 800 Kbps atau 100 KB/s tidak pernah didapatkan terkecuali untuk mendownload di server INHERENT (antar universitas seperti ITB, UI dan UGM) dan server www.foss-id.web.id.

6. Kantor adek saya dan rumah saya menggunakan linux ubuntu, paket speedy unlimited ini sangat menguntungkan bagi kami karena dapat melakukan update ubuntu dengan cepat (meski sebenarnya masih tergolong lambat tapi lumayan bisa mendapatkan 80KB/s).

7. Menurut pengalaman saya, kelemahan dari paket unlimited paket office adalah ketidakstabilan kecepatan akses, kemudian juga Quality of Service (QoS) yang rendah. Hal ini berbeda dengan paket unlimited warnet yang harganya hampir 2 kali lipat dari paket office. Perbedaan paket unlimited office dan warnet bisa Anda baca di sini : Beda Paket Speedy WARNET dan Unlimited Biasa.

Perlu saya sampaikan bahwa evaluasi ini bukanlah IKLAN atau PROMOSI tapi hanya sekedar pengalaman saya untuk menambah wacana bagi para pengguna telkom speedy.

Menurut saya pribadi, produk telkom speedy paket unlimited office ini bukan produk yang terbaik, masih memiliki kelemahan-kelemahan sebagaimana produk-produk yang lain. Harapan saya semoga telkom bisa meningkatkan kualitas dari paket unlimited ini, khususnya speedy office baik dari segi kestabilan dan juga kecepatan meski dengan biaya yang murah.

Saya juga masih melakukan pencarian ISP yang memberikan jasa sejenis, sejauh ini masih telkom speedy unlimited office yang terjangkau bagi saya dan kantor adek saya. Untuk sementara, telkom speedy menjadi ISP primer dan saya juga menggunakan ISP dari Jogja Media Net sebagai ISP skunder (Kecepatan akses dibawah 128 Kbps atau 16 KB/s, dan sangat tidak stabil).

Saya sudah mencoba paket unlimited IM2 Broom, sayangnya paket itu tidak memberikan IP statik dan juga sama-sama tidak stabil. Ada tawaran untuk menggunakan Wave Lan, tapi kompensasi pembuatan tower dan langganan per bulannya sangat mahal berkisar lebih dari 2 juta.

Mungkin ada yang tahu produk seperti telkom speedy unlimited office namun lebih baik dalam kualitas dan juga dengan harga terjangkau?

Kamis, 29 Januari 2009

Bagaimana Cara Affiliate Mendapatkan Uang?

Bagaimana cara affiliate mendapatkan uangDalam posting terdahulu pernah saya sebut kalau affiliate program merupakan kunci sukses bisnis internet. Dan itu memang benar. Banyak pebisnis internet di seluruh dunia sukses berkat affiliate program. Kekayaan mereka dapat terkumpul dalam waktu relative cepat dibandingkan jenis bisnis online lainnya. Dan enaknya lagi, bisnis affiliate program-nya akan terus berkembang karena adanya dukungan para affiliate.

Namun begitu, tak sedikit ada yang masih bingung atau bahkan meragukan affiliate program. Mereka mungkin ragu gara-gara tak paham bagaimana uang bisa mengalir dari affiliate program.

Baiklah untuk mengurangi kebingungan atau kebimbangan itu, kali ini saya paparkan apa saja tipe atau pola aliran uang dari affiliate program.

Secara umum, ada empat macam pola yang diterapkan merchant (pemilik produk/jasa) agar para affiliate bisa mendapat uang dari affiliate program yang diikutinya.

  1. Pay per sale: pengunjung membeli produk/jasa yang ditawarkan oleh affiliate.
  2. Pay per lead: pengunjung mengisi formulir online.
  3. Pay per action: pengunjung mendownload, menginstal, atau menggunakan suatu produk/jasa.
  4. Pay per click: pengunjung hanya mengklik link dan mengunjungi situs web merchant.

Bila lebih jelas, begini penjelasan lebih lengkapnya:

1. Pay Per Sale (PPS)
Pola ini yang paling banyak dipakai oleh affiliate program di internet. Begitu ada pengunjung yang datang ke situs web merchant lewat link anda dan melakukan pembelian, maka anda mendapat komisi.

Pemberian komisinya ada yang menggunakan persentase, tapi ada juga yang menetapkan komisi dengan jumlah nominal tertentu. Untuk yang menggunakan pola persentase, biasanya dipakai oleh para merchant yang berbisnis retail (eceran). Sedangkan yang memberikan komisi secara flat dalam jumlah nominal tertentu biasanya dipakai merchant yang menjual web hosting, online dating, dan lainnya.

Kalau anda tanya pola mana yang lebih baik, menurut saya adalah yang menetapkan komisi berdasar persentase. Sebab ini lebih menguntungkan kedua belah pihak, baik merchant maupun affiliate. Merchant hanya cukup membayar komisi untuk setiap penjualan. Dengan iming-iming komisi yang cukup besar, para merchant bisa menggelorakan semangat affiliate untuk berpromosi. Sebaliknya, bagi para affiliate sangat berpeluang mengeruk banyak uang dari komisi yang diraihnya. Apalagi kalau pengunjung doyan berbelanja alias suka memborong produk, maka pasti si affiliate juga ketiban untung dengan mendapat komisi yang lebih besar.

2. Pay Per Lead (PPL)
Pola ini terutama banyak dipakai merchant yang berniat menggencarkan promosi. Biasanya cara ini lazim dipakai oleh para merchant di bidang asuransi atau pegadaian. Pada pola ini, affiliate mendapat komisi setiap pengunjung mengisi formulir online di situs web merchant.

Tapi yang perlu diketahui, merchant hanya akan membayar affiliate untuk data-data valid yang ditulis pengunjung. Jadi kalau misalkan datanya kurang valid atau bahkan tidak lengkap seperti tak ada nomor telepon dan alamat email, maka merchant tak akan membayar affiliate.

Namun secara umum, pola ini dilihat dari conversion rate-nya, jelas lebih bagus dibandingkan pola PPS tadi. Sebab pengunjung tak perlu membeli apapun. Mereka hanya mengisi formulir saja. Tentu bagi para affiliate lebih mudah untuk mencari pengunjung yang mau mengisi formulir daripada membeli produk. Namun juga perlu dimaklumi kalau komisinya pun biasanya tak sebesar pola PPS tadi.

3. Pay Per Action (PPA)
Pada pola ini, merchant memberi komisi kepada affiliate setiap ada pengunjung yang mendownload, menginstal, atau menggunakan produk/layanan merchant. Biasanya pola ini dipakai oleh merchant dari perusahaan software atau perusahan web service. Harapan merchant, dengan produknya dipakai banyak orang akan membuat perusahaannya menjadi pemimpin pasar.

4. Pay Per Click (PPC)
Pada pola ini, affiliate diberi komisi setiap ada yang mengklik link-nya. Sayangnya, kini pola ini sudah tidak dipakai lagi dalam dunia affiliate program.

Pasalnya, banyak sekali klik palsu yang membuat merchant merugi. Misal para affiliate mengklik sendiri link-nya. Atau juga bisa dengan bantuan software yang mengklik otomatis link. Karena itu pola ini kini tak lagi dipakai dalam dunia affiliate program. Tapi untuk advertising network seperti Adsense pola PPC ini masih dipakai.

Ya itulah sekilas pola-pola aliran uang yang bisa anda terapkan kalau menjadi merchant, atau yang bisa anda raup kalau menjadi affiliate. Sekarang tak perlu bingung lagi dengan aliran uang dalam affiliate program.
Yang p enting anda segera tetapkan pilihan untuk ber-affiliate program. Dan kalau bingung melihat banyaknya pilihan affiliate program yang beredar di internet, baca panduan memilih affiliate program menguntungkan serta 9 langkah memilih affiliate program yang tepat.

Tak perlu tunggu besok untuk memulainya. Lakukan sekarang. Sebab kesuksesan anda di esok hari dimulai dari kerja keras hari ini. Mari ber-affiliate program. Saya tunggu di puncak sukses!


www.marketiva.com

Berikan ‘Value’, Bukan Produk! (Bagian 2)

Berikan Value Bukan Produk Bagian 2Bayangkan anda tengah melihat rumah terbakar. Lantas anda mendekatinya. Tapi begitu sampai di dekatnya anda tak melakukan apa-apa. Yang anda lakukan hanya menonton dan merasa ikut bersedih atas kejadian tersebut.

Sementara api terus berkobar tanpa ampun melalap seisi rumah. Dan anda masih sibuk sendiri dengan pikiran anda yang bertanya-tanya apa penyebabnya. Saya jamin, pasti rumah itu akan ludes terbakar di depan mata anda.

Seperti itu pula yang terjadi kalau misalnya anda tengah mengalami kesulitan keuangan. Ketika situasi makin sulit, tapi anda malah sibuk dengan diri anda sendiri. Dan tidak melakukan aksi nyata untuk keluar dari kondisi tak nyaman itu. Saya jamin pasti kondisi anda tak berubah atau bahkan menjadi lebih buruk.

Dalam kasus kebakaran di atas, sebenarnya yang anda butuhkan hanyalah menyiramkan air ke titik-titik api. Dan bukan sibuk bertanya pada diri sendiri. Begitupun ketika anda sedang dilanda kondisi keuangan yang buruk, yang anda butuhkan adalah ACTION! Bukan malah banyak merenung yang tak tentu ujungnya itu.

Penyakit terlalu banyak merenung untuk menghasilkan uang, saya sebut di posting sebelumnya termasuk salah satu penghambat uang masuk ke kantong anda. Karena dengan begitu, anda sibuk dengan diri sendiri sehingga tertahan untuk melakukan tindakan nyata.

Saatnya BERUBAH. Hentikan aktivitas yang hanya tertuju pada diri anda sendiri. Saatnya menatap dunia nyata dan melangkah dengan tubuh tegap. Saatnya memanfaatkan energi anda untuk aksi-aksi nyata.

Patut disadari, tubuh kita adalah komponen penting untuk menghasilkan uang. Inilah kesadaran awal yang perlu kita tanamkan. Sehingga dengan begitu kita perlu menjaga kesehatan kita baik-baik dan mempergunakannya lewat aksi nyata agar uang bisa mengalir lancar pada diri kita.

Sebab uang merupakan hasil dari tindakan. Dan bukan hasil angan-angan. Kalau anda hanya sibuk merenung dan tidak melakukan apa-apa, pasti tak ada uang yang mau melekat ke kantong anda.

Sejak dulu, kekuatan aksi tak terbantahkan sudah terbukti menjadi pendorong terwujudnya kenyataan. Kalau anda masih menahan diri untuk tidak melakukan apa-apa, maka pasti perubahan hidup yang anda idamkan tidak akan pernah terjadi.

Aksi atau tindakan nyata bukan berarti segalanya harus anda lakukan sendiri. Tapi bisa pula dengan memanfaatkan alat bantu. Misal untuk bepergian ke suatu tempat, tentu anda tak harus jalan kaki. Tapi bisa mengendarai sepeda motor atau mobil yang bisa mempercepat anda sampai ke tempat tujuan.

Yang penting, anda harus memiliki kemauan. Tanpa kemauan, sekalipun anda punya berbagai alat bantu, tapi tak akan pernah ada tindakan.

Selain terlalu banyak merenung, ‘penyakit’ kedua yang bisa menghambat uang mengalir pada diri anda adalah terlalu fokus menghasilkan uang, tapi mengabaikan menciptakan ‘value’.

Maksudnya?

Banyak orang yang fokus bahkan sangat fokus menghasilkan uang. Tapi di saat bersamaan mereka mengabaikan perhatian pada orang-orang lain.

Mereka yang mengidap ‘penyakit’ ini biasanya keluh kesahnya seperti ini: “Saya telah berupaya keras menghasilkan uang, tapi hasilnya tidak sesuai harapan. Saya sudah memposting ratusan artikel di blog. Judul-judulnya saya pilih yang terbaik. Pemilihan keyword-nya pun betul-betul saya cermati. Saya telah mencoba Adsense, text link ads, affiliate progam, dan banyak cara lainnya seperti terdapat dalam 10 Sumber Penghasilan Blog yang mengalir deras ke kantong. Di awal memulainya, traffic saya memang berkembang. Tapi kemudian perlahan dan pasti mulai menurun. Saya sudah melakukan banyak hal, tapi uang yang saya cicipi belum sebanding. Apa salah saya?”

Kurang lebih sama dengan ‘penyakit’ pertama, inti persoalannya adalah selalu hanya berfokus pada diri sendiri. Tak ada ‘value’ yang diberikan pada orang lain. Patut dipahami, content bukan ‘value’. Iklan bukan ‘value’. Dan affiliate program juga bukan ‘value’.

Kalau anda masih selalu sibuk dengan berbagai aktivitas yang hanya tertuju pada diri sendiri dan mengabaikan perhatian pada pengunjung atau konsumen anda, saya yakin ada banyak orang yang bisa melakukannya lebih baik dari pada anda. Dengan begitu pasti anda sudah kalah bersaing. Karena itu tak cukup lagi hanya mengandalkan cara-cara tadi. Yang anda perlukan adalah menciptakan ‘value’ di setiap aktivitas anda dan mengalirkannya pada orang-orang lain. Jadikan penciptaan ‘value’ untuk orang banyak sebagai titik tolak aktivitas anda.

Kalaupun selama ini anda mungkin sudah sudah bisa mengalirkan uang dengan cara yang hanya terfokus pada diri sendiri tadi, tapi saya rasa itu tidak akan bertahan lama. Karena yang dicari pengunjung atau konsumen adalah ‘value’.

Dan kalau anda hanya berfokus pada menghasilkan uang, begitu uang tak lagi mengalir maka semangat anda bisa meredup. Sebaliknya, kalau tujuan anda pada menciptakan ‘value’, maka uang akan mengikuti dengan sendirinya.

Anda paham kan?

Memang banyak orang lebih suka mencari uang daripada membuat ‘value’. Padahal kalau mereka sadar, tujuan pertama tadi lebih gampang menghantarkan pada kegagalan. Sedang dengan menghadirkan ‘value’, pengunjung pasti berbondong-bondong mendatangi situs web anda. Dan ini berarti mendekatkan anda pada kesuksesan.

Mulailah berpikir bagaimana anda bisa menghadirkan ‘sesuatu’ yang diinginkan banyak orang di muka bumi ini. Kalaupun saat ini sudah ada yang melakukannya, anda tak perlu pesimis. Asalkan anda bisa menyediakan ‘value’ yang lebih baik, pasti anda akan sukses.

Sebetulnya banyak ‘penyakit mental’ yang membuat uang terhalang mengalir pada diri anda. Tapi dua ‘penyakit’ yang sudah saya sebutkan yang menjadi penyebab utama. Dan saya ulangi lagi, solusinya adalah menghadirkan ‘value’ pada orang lain. Dengan mulai terbiasa bermental menghadirkan ‘value’ untuk orang lain, maka pikiran dan aksi yang anda lakukan akan selalu tertuju pada penciptaan ‘value’.

Anda setuju dengan saya?


Ayo bisnis internet dengan FOREX di www.marketiva.com

Berikan ‘Value’, Bukan Produk! (Bagian 1)

Berikan ‘Value’, Bukan Produk! (Bagian 1)Kunci menghasilkan penghasilan besar adalah kemampuan menciptakan ‘value’. Ada ‘sesuatu’ yang mampu menarik orang agar mau membelanjakan uangnya untuk membeli barang yang anda pasarkan. Karena sebetulnya konsumen tak pernah peduli dengan produk anda. Yang mereka pedulikan hanyalah ‘value’, nilai, atau manfaatnya.

Memang ada jurus-jurus untuk melariskan dagangan. Seperti kalau dalam affiliate program, ada trik bagaimana menarik pengunjung, menjaring pembeli dalam dua hari, 7 langkah menarik pengunjung, atau cara menggaet pelanggan setia.

Namun, semua jurus itu menjadi tak ada artinya bila produk anda tak punya ‘value’. Ibaratnya seperti singa ompong yang ketika mengaum bukannya menakutkan tapi malah terlihat menggelikan. Produk yang anda tawarkan bukannya meninggalkan kesan positif, tapi malah membuat kabur pembeli.

So, perhatikan ‘value’ produk anda.

Mengenai ‘value’, anda bisa memberikannya secara langsung. Maksudnya langsung melekat pada produk yang ditawarkan. Misal, produk anda mempunyai 100 macam manfaat yang bisa langsung dirasakan pemakai. Namun bisa pula secara tak langsung. Misal dengan menyediakan layanan setelah pembelian seperti konsultasi gratis seumur hidup dan lainnya.

Tapi apapun yang anda lakukan, yang penting inti aktivitasnya adalah menciptakan ‘value’. Serta, jangan lupa, pesan ‘value’ produk anda itu harus tersampaikan kepada konsumen.

Tak sulit sebetulnya konsep mengenai ‘value’ ini. Siapapun bisa melakukannya. Termasuk ANDA! Tapi sayangnya tak banyak orang yang sadar pentingnya peran ‘value’ ini. Sehingga tak heran kalau penghasilan mereka menjadi macet bin mampet.

Biasanya, mereka yang kurang memperhatikan ‘value’ ini mengidap dua ‘penyakit’. Salah satunya penyakit terlalu banyak merenung untuk menghasilkan uang.

Mereka yang biasanya mengidap penyakit pertama ini biasanya keluh kesahnya terlontar seperti ini: “Saya bingung. Setiap hari saya sudah memikirkan bisnis saya, menuliskan tujuan bisnis saya, membayangkan apa yang saya inginkan, dan berupaya menarik penghasilan sebanyak-banyaknya. Tapi apa yang saya dapat? Yang bisa diraih hanya secuil. Dan bahkan tak mampu menutupi pengeluaran saya. Sampai saya harus berhutang ke tetangga dan saudara sampai makin lama utang saya kian menumpuk. Saya juga sudah menuliskan apa yang saya alami dalam buku catatan harian saya untuk memacu diri. Tak lupa pula saya berdoa serta terus menambah ilmu. Tapi tak ada perubahan. Sampai rasanya saya kehilangan harapan. Apa dosa saya?”

Memang betul merenung itu penting. Saya tak bermaksud menyebut refleksi diri sebagai aktivitas keliru. Tapi yang perlu disadari merenung saja tak cukup. Selama anda hanya melakukan refleksi diri tapi tanpa dibarengi tindakan nyata maka UANG TIDAK AKAN PERNAH MENGALIR KE KANTONG ANDA!

Menulis catatan harian dan merenung mungkin sangat penting bagi anda. Saya pun kadang-kadang melakukannya. Tapi yang perlu dipahami, kegiatan itu tak memberikan apapun untuk orang lain. Jangan pernah mengira saat anda bermeditasi atau merenungkan nasib bisnis anda tiba-tiba segepok uang atau selembar cek turun dari langit.

Jika anda ingin mendapat uang, yang anda butuhkan adalah menciptakan ‘value’ dan menyampaikannya kepada orang yang tepat.

No value, no money! Itu yang perlu anda ingat. Pikirkanlah!

Masih bingung? Ok. Baca kelanjutannya di posting berikutnya.


Ayo bisnis internet dengan www.marketiva.com

Hanya Perlu Dua Taktik Bagi Affiliate Marketer untuk Sukses Mengisi Penuh Saku Kiri dan Kanan

Hanya perlu dua taktik bagi affiliate marketer untuk sukses mengisi penuh saku kiri dan kananSiapa bilang para affiliate marketer tak bisa sukses? Siapa pula yang bilang jika affiliate marketer pasti penghasilannya tak sebanyak pemilik produk? Saya katakan semua itu keliru.

Sebaliknya, sebagai affiliate marketer, anda punya potensi tak terbatas untuk meraup penghasilan berapapun yang anda inginkan. Bahkan kalau hanya untuk memenuhi isi saku kanan-kiri celana anda, itu sangat mungkin dilakukan. Sebab, sebagai affiliate marketer, anda punya banyak peluang untuk meraup banyak uang dari berbagai sumber.

Apalagi anda tak perlu repot-repot membuat produk. Anda hanya cukup memasarkannya saja. Dan membiarkan nantinya merchant anda yang mengurusi proses penjualannya. Terlebih dengan semakin banyaknya berbagai macam affiliate program akhir-akhir ini, sungguh ini peluang yang menggiurkan. Anda bisa memilih beberapa affiliate program untuk anda pasarkan.

Jadi, bila anda berminat menekuni karir sebagai affiliate marketer, jangan hanya puas dengan satu produk affiliate. Anda perlu punya beberapa produk untuk dipasarkan. Biar penghasilan anda pun tak cuma berasal dari satu sumber saja.
Namun tetap perlu diingat, tentunya produk yang akan pasarkan itu harus punya potensi besar untuk laris. Sebagai pertimbangan, pilih produk yang memang dibutuhkan pasar. Produk tersebut harus mampu menjawab persoalan yang dihadapi banyak orang.

Serta produk itu selalu dibutuhkan sepanjang zaman. Jadi tidak hanya dalam jangka waktu tertentu saja. Ini supaya investasi awal yang anda lakukan untuk menjadi affiliate marketer, bisa anda gunakan seumur hidup.

Dan sebagai pertimbangan lainnya perhatikan pula merchant pemilik produk. Pastikan si merchant adalah orang yang kredibel, terpercaya, dan sudah sangat berpengalaman dalam produk yang dijual. Jangan mudah percaya terhadap merchant yang baru satu dua hari nyemplung di dunia internet marketing. Karena itu, anda perlu teliti dulu sebelum membeli.

Nah, bila anda sudah punya beberapa produk untuk dipasarkan, saatnya melancarkan sejumlah aksi untuk memperlancar proses penjualan anda.

Tapi sebelumnya, perlu anda teguhkan terlebih dulu niat anda sebagai affiliate marketer. Karena bila tidak, anda bisa saja mengalami nasib yang sama dengan lainnya. Terjerembap dan gagal menjadi affiliate marketer yang sukses. Kenapa mereka menjadi begitu? Saya amati rata-rata karena hanya coba-coba. Dan tidak bertekad penuh untuk sukses sebagai affliate marketer. Serta tak memiliki dedikasi penuh dan kerja keras untuk mewujudkannya.

Saya tegaskan menjadi affiliate marketer adalah pekerjaan serius. Bukan mainan juga bukan coba-coba. Karena seberapa kuat komitmen anda itu yang akan menuntun anda menuju kesuksesan.

Tapi tak perlu takut terlebih dahulu. Jangan khawatir, saya bocorkan sedikit taktik yang terbukti sukses bagi para internet marketer. Dijamin penjualan affiliate program anda akan meningkat pesat sehingga anda tetap bertahan di tengah semakin kerasnya persaingan dunia affiliate marketing.

Apa saja taktiknya?

1. Gunakan satu situs web untuk setiap produk yang anda pasarkan.
Hindari mengumpulkan semua produk affiliate program anda dalam satu situs web. Mungkin anda benar karena dengan begitu anda bisa menghemat biaya web hosting. Tapi hal ini tidak bagus untuk meningkatkan penjualan. Saya sarankan agar lebih baik anda membuat satu situs web untuk satu produk. Tujuannya supaya lebih fokus dan perhatian pengunjung yang tertarik dengan produk anda tidak terpecah.

Serta dalam setiap situs web yang anda punya, pastikan ulasan produk yang anda tawarkan tersedia dengan baik. Maksudnya, ulasannya gampang dipahami target market anda. Jangan lupa, sertakan pula kesaksian (testimoni) dari pengguna yang sudah pernah mencoba produk tersebut. Dalam testimoni tersebut, pastikan minimal terdapat foto dan nama pemberi kesaksian.

Perhatikan pula halaman situs web anda. Buatlah halaman yang atraktif dan enak dipandang, serta tak terkesan pasaran. Juga pastikan foto diri anda terpajang dilengkapi dengan alamat dan kontak diri.

Anda juga bisa menulis artikel-artikel yang terkait dengan produk yang anda pasarkan. Saat menulisnya, perhatikan baik-baik headline yang anda buat. Buat headline semenarik mungkin agar pembaca tertarik untuk membaca isinya, dan kemudian menghubungi anda.

2. Tawarkan free report terhadap pembaca anda.
Apapun yang gratis selalu mendorong diri untuk mendapatkannya. Dengan memberikan free report tentang produk yang anda pasarkan, ini akan meningkatkan efektivitas promosi anda. Sebab paling tidak anda sudah mendapat email pengunjung yang menjadi prospek penjualan.

Tinggal berikutnya anda bisa tindak lanjuti dengan sistem autoresponder. Saya sarankan anda buat follow up lebih dari tujuh kali. Sebab, menurut penelitian, pembelian sebuah produk terjadi paling tidak setelah tujuh kali follow up.
Perhatikan pula penempatan tawaran free report tersebut. Saya sarankan letakkan di bagian atas situs web anda agar pengunjung bisa langsung melihat ketika pertama kali membuka website anda.

Sangat saya sarankan anda memanfaatkan autoresponder. Karena dengan begitu anda tetap memiliki hubungan dengan pengunjung nada. Dan merekapun menjadi selalu ingat dengan produk yang anda pasarkan.

Namun perlu anda perhatikan, jangan asal-asalan dalam membuat follow up-nya. Buat semenarik mungkin agar mereka berminat dengan produk anda. Fokuslah kepada manfaat produk anda bagi mereka. Misalnya bagaimana produk yang anda pasarkan mampu membuat hidup pemiliknya lebih mudah dan menyenangkan.

Juga yakinkan mereka agar segera memiliki produk yang anda pasarkan. Karena bila tidak, nantinya mereka akan sangat menyesal telah melewatkannya.

Perhatikan pula subject email yang anda kirimkan. Sebisa mungkin hindari memakai kata “gratis (free) dalam subject. Karena biasanya sistem email akan menganggapnya sebagai spam.

Langkah di atas tidak sulit kan? Anda hanya butuh sedikit waktu dan action plan yang jelas setiap harinya. Praktekkan cara di atas untuk beberapa affiliate program yang anda ikuti. Pasti anda akan terus mendapat sumber penghasilan yang dahsyat.

Selamat mencoba…


Bisnis Internet dengan www.marketiva.com

9 Langkah Memilih Affiliate Program yang Tepat

9 Langkah Memilih Affiliate Program yang TepatSaat ini banyak sekali affiliate program yang beredar di internet. Dan jumlahnya pun terus bertambah setiap hari. Saking banyaknya affiliate program yang ada tentu tidak mudah bagi kita untuk memilihnya. Apalagi tidak semua affiliate program dapat dipercaya.

Lantas, bagaimana memilih affiliate program yang tepat?

Jangan khawatir. Ada hal-hal yang bisa anda lakukan sebelum memutuskan bergabung dengan suatu affiliate program. Begini kiatnya…

  1. Buat daftar affiliate program. Dari sekian banyak affiliate program yang ada, pilih beberapa yang membuat hati anda tertarik. Ketertarikan anda mungkin bisa berawal dari banyaknya iklan tentang affiliate program tersebut, penawaran yang mereka berikan (komisi tinggi dan fasilitas lain), atau karena produk yang ditawarkan sama dengan hobi anda.
  2. Lengkapi data dan fiturnya. Beberapa affiliate program yang telah anda pilih, coba lengkapi dengan fitur-fitur yang mereka janjikan. Lebih baik mencatatnya berbentuk kolom-kolom. Supaya lebih gampang membandingkannya.
  3. Bandingkan. Setelah setiap affiliate program lengkap, bandingkan antar affiliate program. Perhatikan baik-baik fitur-fitur yang ada pada setiap affiliate program. Utamakan yang banyak memberi keuntungan bagi anda.
  4. Perhatikan komisi. Komisi yang diberikan affiliate program sangat penting. Karena jerih payah anda dalam mempromosikan sebuah affiliate program dihargai dengan komisi itu. Biasanya komisi yang diberikan bisa sampai 50% bahkan lebih.
  5. Aturan komisi. Meski besarnya komisi penting, tapi bukan satu-satunya pertimbangan. Aturan dalam pembayaran komisi juga sangat perlu mendapat perhatian. Biasanya ada tiga hal yang dijadikan acuan oleh merchant (pemilik affiliate program) dalam pembayaran, yaitu penjualan, hits, dan impresi. Penjualan maksudnya ketika seseorang mengklik banner atau teks iklan dan melakukan pembelian di situs web merchant. Hits maksudnya ketika seseorang mengklik banner atau link teks. Sedang impresi adalah jumlah seseorang yang melihat link. Secara persentase, komisi terbesar yang diberikan merchant biasanya dari penjualan, baru kemudian dari hits dan impresi. Tapi perlu diketahui, tidak setiap affiliate program menerapkan aturan pemberian komisi untuk hits dan impresi. Ada yang cuma dari penjualan saja.
  6. Transparan. Salah satu ciri affiliate program yang baik adalah transparan. Maksudnya memungkinkan para marketer untuk masuk ke account dan melihat hasil yang didapat. Dengan begitu, selain bisa tahu komisi yang didapat, setiap marketer bisa mengevaluasi diri sejauh mana promosi yang telah dilakukan berhasil menggaet pembeli.
  7. Aturan pembayaran. Aturan pembayaran yang jelas juga cermin baik tidaknya sebuah affiliate program. Kapan pembayaran komisi dilakukan? Setiap ada transaksi, dua minggu sekali, atau sebulan sekali? Pastikan kejelasan aturan pembayaran ini pada affiliate program yang hendak diikuti. Selain mengenai waktunya, model pembayaran juga harus jelas. Apakah lewat cek, PayPal, atau transfer bank.
  8. Track record. Perjalanan bisnis sebuah affiliate program juga perlu anda teliti. Ini untuk mengetahui bagus tidaknya respon masyarakat internet terhadap affiliate program tersebut. Cari tahu berapa lama affiliate program itu sudah beroperasi? Apa produk yang dijual? Dan berapa banyak yang tertarik untuk membeli produk yang ditawarkan? Jika anda sendiri tidak yakin terhadap produk yang dijual, hindari bergabung dengannya.
  9. Telusuri forum. Forum-forum yang membicarakan dunia internet marketing juga perlu anda kunjungi. Tujuannya untuk mengetahui bagaimana pendapat orang-orang terhadap suatu affiliate program. Tapi juga jangan percaya 100 persen dengan pendapat di forum. Kadang ada yang yang tidak jujur dalam berpendapat. Tapi paling tidak anda mendapat gambaran lebih komplit tentang sebuah affiliate program.

Sembilan langkah ini akan banyak membantu sebelum memutuskan bergabung dengan sebuah affiliate program. Saya harap anda juga lebih jeli dalam memilih. Tidak mudah terperdaya dengan janji komisi tinggi dan iming-iming lainnya. Yang perlu anda utamakan adalah affiliate program tersebut sudah berpengalaman dan produknya banyak disukai.

Tapi lebih baik lagi, selain sudah berpengalaman dan produknya disukai pasar, komisinya pun tinggi. Kalau ada yang seperti itu, kenapa tidak kita pilih?


Bisnis internet dengan www.marketiva.com

Menjaring Pembeli dalam Dua Hari

Menjaring Pembeli dalam Dua HariDalam affiliate program pihak mana sih yang paling untung? Affiliate marketer atau merchant?

Biasanya yang paling banyak untung ya merchant. Karena ada banyak affiliate marketer yang sudah menjalankan promosi produknya. Secara otomatis, affiliate marketer yang membuat produk merchant makin terkenal.

Tapi, bukan berarti kita tidak bisa sukses dengan jadi affiliate marketer. Sebagai affiliate marketer kita kan juga diuntungkan. Karena kita tidak perlu repot berpikir membuat produk. Tugas kita hanya mengantar pembeli ke penjual. That’s it! Itu saja.

Nah, saya ada cara praktis menjaring pengunjung atau calon pembeli untuk diantar ke penjual. Anda mau tahu?

Anda bisa melakukannya dalam dua hari saja. Langkah-langkah yang anda ambil dalam dua hari ini bisa jadi pijakan kuat untuk langkah anda pada hari-hari selanjutnya. Kenapa? Kalau anda penasaran, silakan dibaca… ;)

Hari pertama:

1. Langkah pertama bisa anda mulai dengan menaruh semua informasi kontak, informasi pembayaran, dan perhitungan statistik tentang affiliate program anda dalam satu lokasi terpusat. Ini bisa menghemat waktu anda. dengan satu klik anda bisa mengambil informasi apa yang anda perlukan Misal anda perlu daftar kontak email anda tinggal klik database ini.

2. Pilih 3 metode promosi dan dua produk untuk dipromosikan. Metode promosi yang bisa anda pilih:

  • Beriklan di ezine.
  • Mencantumkan iklan dan link affiliate di situs web anda.
  • Memasang banner.
  • Mengulas produk affiliate di situs web affiliate anda sendiri.
  • Mengirimkan artikel pada pengunjung anda.

Saya tidak menyarankan anda untuk memilih salah satu diantara metode promosi di atas. Anda bisa pilih sendiri yang paling baik untuk anda.

3. Setiap satu metode promosi dan satu produk perlu dua iklan. Jadi, karena anda punya tiga metode promosi dan dua produk, anda harus punya 12 iklan yang berbeda. Kelihatannya anda memang perlu repot. Tapi, anda akan tahu ini efektif! Sebisa mungkin buat pengunjung terkesan dengan iklan yang anda tampilkan. Selanjutnya, kalau sudah terkesan pasti mereka akan meng-klik iklan anda.

Efektif tidaknya iklan juga tergantung pada frekuensi kemunculan iklan anda. Misal anda memasang iklan di halaman situs web. Semakin sering iklan anda muncul, kemungkinan pengunjung terkesan pasti lebih besar. Kalau anda mengirim iklan lewat email, ya… semakin banyak email yang anda kirim, semakin membuat pengunjung penasaran.

Anda bisa menguji coba iklan anda ini sedikitnya pada 300 orang. Atau, jika anda punya kontak lebih, silakan kirimkan newsletter pada lebih banyak orang.

Hari kedua:

Setelah anda memasang semua iklan anda, kemudian silakan menganalisis.

  • Produk mana yang iklannya paling banyak di-klik pengunjung?
  • Iklan mana yang paling banyak di-klik pengunjung?

Jadi selanjutnya anda bisa menggunakan iklan yang paling laku itu untuk model promosi anda. Dan silakan lakukan promosi gencar terhadap produk yang paling banyak di-klik pengunjung.

Dengan demikian anda tidak menyia-nyiakan waktu dengan memasang iklan yang tidak menarik pengunjung. Dan, anda tidak membuang energi untuk mengiklankan produk yang tidak disukai pengunjung.

Semua langkah yang anda ambil mesti punya pertimbangan. Dan jangan lupa untuk diuji coba terlebih dahulu. Agar, kita bisa langsung tahu bagaimana respon pasar.

Ok… sekarang saya tunggu iklan anda yang terbaik… selamat beriklan.

www.marketiva.com

Cara Sukses Menuju Top Affiliate dengan 4B

Cara Sukses Menuju Top Affiliate dengan 4BBetapa banyak hal penting yang mesti kita pelajari demi menjadi top affiliate. Mulai dari tetek bengek pemilihan merchant affiliate, riset produk, perencanaan situs web, sampai landing pages, dll.

Tapi, adakah hal yang bisa merangkum semua itu? Apa sih inti perjalanan seorang affiliate marketer itu?

Agak bingung juga awalnya menentukan langkah apa yang paling strategis dalam bisnis affiliate. Lebih-lebih bagi para affiliate marketer. Karena, mereka ini biasanya pemula dan terjun di dunia internet marketing karena iseng atau coba-coba.

Dari sekian banyak artikel yang saya tulis, apa anda bisa menyimpulkan kira-kira apa saja hal pokok yang tidak boleh ditinggalkan seorang affiliate marketer?

Menurut saya ada empat hal utama yang wajib dilakukan affiliate marketer secara kontinu. Belajar, Bertanya, Berkembang dan Bekerja keras. Cukup dengan 4B.

Bagaimana 4B bisa berjalan? Begini penjelasannya…

1. Belajar: Terus meng-update ilmu dan kemampuan anda
Jangan pernah berhenti belajar. Karena meng-update ilmu dan kemampuan dalam bidang affiliate marketing adalah keharusan bagi seorang affiliate marketer.

Mengapa? Karena internet berkembang sangat cepat. Apa yang sedang trend hari ini mungkin akan jadi barang basi esok hari. Jadi jika anda tidak memperbarui pengetahuan, anda akan kesulitan menemukan tips dan trik terbaru untuk memajukan bisnis affiliate anda.

Salah satu cara untuk terus memperbarui ilmu marketing adalah bergabung dengan training situs web yang berbasis membership. Atau, berburu ebook marketing dari para ahli.

2. Bertanya: Jangan Pernah Berhenti Bertanya
Jika anda mengalami kebuntuan dalam menjalankan bisnis affiliate, silakan join dengan forum atau milis-milis para affiliate marketer. Di sana anda bisa menanyakan semua masalah anda. Anggota milis yang lain pun akan senang menjawab permasalahan anda.

3. Berkembang: Mengembangkan Situs Web
Telaten mengembangkan situs web bisa jadi investasi anda yang berlaku seumur hidup. Karena, dengan content situs web yang berkualitas bisnis anda akan mendapat tempat tersendiri di hati pengunjung. Jika sudah banyak pengunjung yang datang, logikanya penjualan produk juga akan terus meningkat.

Kalau sudah begini… anda jadi seorang big boss yang leluasa menjalankan usaha sendiri. Uang akan mengalir dengan sendirinya. Anda hanya perlu menjaga traffic dan terus berpromosi. Traffic dan promosi bisa anda gencarkan dengan cara membuat blog dan aktif dalam forum.

4. Bekerja Keras: Kerja Keras untuk Mendapat Back Link
Punya banyak link dalam satu situs web bisa jadi berkah buat anda. Karena search engine akan makin sering menjaring situs web kita. So, kesempatan kita untuk di klik pengunjung juga lebih besar.

Oya, salah satu cara agar punya banyak back link adalah dengan menulis artikel. Tentu, seperti yang sering saya katakan, artikel kita mesti yang terbaik. Agar, pengunjung suka dan bisa mengambil manfaatnya.

Salah satu alasan internet makin digandrungi karena informasi yang ada di dalamnya sangat membantu pengunjung. Jadi, buatlah tulisan-tulisan yang berkualitas dan bisa dimanfaatkan pengunjung.

Ok… sekarang apa anda sudah melakukan 4 langkah di atas?

Jangan sampai anda lalai dan tidak melakukan 4B. Karena pesaing-pesaing anda akan berada jauh di depan anda. Dan, kemungkinan paling buruk adalah karir anda dalam bisnis internet segera tamat. Ya…bisnis anda tak akan pernah beranjak dari titik nol.

So, praktikkan terus 4B! dan jangan lupa… tetap semangat! :-)

Blog: Cara Ampuh Dongkrak Komisi Affiliate anda

Blog Cara Ampuh Dongkrak Komisi AndaBagaimana menambah komisi affiliate dengan menggunakan blog? Eitt… ini sebenarnya rahasia… tapi, it’s ok… saya akan berbagi rahasia ini khusus pada anda. Jangan bilang siapa-siapa ya… ;-)

Dalam artikel kemarin saya mengatakan kalau menggabungkan blog affiliate dengan jenis blog yang lain itu bisa menambah penghasilan anda. Anda masih ingat?

Selain menggabungkan jenis blog, kita sebenarnya bisa mendapat penghasilan spektakuler dari blog affiliate itu sendiri. Tanpa perlu menggabungkannya dengan jenis blog lain! Bagaimana caranya?

Caranya mudah. Anda tidak hanya mencantumkan link affiliate anda. Tapi, anda juga harus menulis artikel untuk mempromosikan produk affiliate dalam blog anda. Atau, bisa juga anda menulis tentang affiliate program yang anda ikuti.

Memang ada yang bilang menulis artikel untuk promosi affiliate program itu tidak efektif. Tapi… kenyataannya nggak juga…

Saya pernah mampir di blog affiliate semacam ini. Hasilnya efektif. Banyak juga pengunjung yang kepincut dengan affiliate program yang dipromosikan panjang lebar dalam satu artikel. Apalagi jika artikel promosi ini di tulis dalam blog. Kesan personalnya bisa jadi testimoni yang ampuh membius pengunjung blog.

Kira-kira kenapa kok artikel malah bisa bikin pengunjung kepincut?

Karena, artikel mempunyai kekuatan untuk menunjukkan keuntungan-keuntungan affiliate program secara lebih mendalam. Pengunjung yang membaca keseluruhan tulisan anda bisa menjadi pengunjung potensial.

Setelah mereka membaca artikel anda, pengunjung potensial biasanya makin penasaran. Selanjutnya mereka akan mengunjungi situs web affiliate anda atau situs web merchant. Entah untuk membeli produk ataupun mengikuti jejak anda dengan mendaftar jadi affiliate marketer. Atau, hanya sekadar menggali informasi tentang affiliate program yang anda ikuti.

So, untuk menarik pengunjung potensial, anda mesti menulis artikel yang benar-benar canggih! Jangan membuat artikel yang membuat pengunjung lekas bosan. Misal, tulis saja pengalaman anda sebagai affiliate marketer. Apa saja yang sudah anda dapatkan dari affiliate program yang anda ikuti? Dan, kemudahan apa yang anda peroleh dengan bergabung di program affiliate tersebut.

Sebaiknya jangan terlalu membesar-besarkan program atau produk affiliate anda. Tulis saja dengan bahasa yang sederhana tapi memikat! Agar, pengunjung percaya dengan anda. Kalau anda menggunakan bahasa yang hiperbolis, bisa jadi tidak akan ada pengunjung yang yakin pada artikel yang anda tulis. Malahan… pengunjung kabur dari blog anda.

Alasan lain kenapa menulis artikel itu baik untuk menambah komisi affiliate? Ya, search engine itu paling suka sama blog. Itulah kenapa dulu pernah saya kemukakan bahwa menggunakan blog adalah salah satu cara hebat menggiring pengunjung masuk dalam situs web. Semakin sering search engine menampilkan blog anda, semakin besar kesempatan blog anda di-klik pengunjung.

Dan, satu hal yang perlu anda camkan baik-baik. Search engine biasanya mencari blog yang punya isi atau artikel berkualitas. Jadi, silakan anda menulis artikel promosi affiliate program yang kualitasnya OK! Dan, segera penuhi blog affiliate anda dengan artikel itu!

Selain itu, search engine juga suka dengan blog yang segar! Apa maksudnya segar? Ya, segar berarti artikel-artikelnya selalu baru. Blog yang isinya sering di-update menunjukkan si empunya blog serius menangani blog miliknya.

Blog yang selalu di-up date juga bisa menjaring komunitas. Terutama bagi blog yang artikelnya banyak disuka pengunjung. Setiap kali pengunjung terhubung dengan internet, mereka pasti mengunjungi blog anda dan terus mengikuti tulisan-tulisan anda. Dampaknya, blog anda akan laris!

Ayo sekarang siapa yang tidak berminat punya blog?

https://www.marketiva.com

Jadikan Blog sebagai Ladang Uang

Jadikan Blog sebagai ladang uangAnda pasti sudah tahu apa itu blog. Mungkin anda malah sudah punya blog sendiri. Tapi, apa anda sudah tahu kalau blog anda itu bisa menghasilkan uang? Kalau belum, bagaimana cara mendapat uang dari blog?

Ok, saya jelaskan perlahan dan bertahap. Begini…sebagai orang yang berminat dengan bisnis internet, kita mesti tahu apa saja yang bisa jadi ladang uang. Karena ini penting buat perkembangan bisnis. Dan blog termasuk yang berpotensi untuk menambah penghasilan affiliate program yang kita jalankan.

Sebelum melangkah lebih mendalam, mari kita mulai dari jenis-jenis blog. Blog yang banyak digunakan orang saat ini bisa dibagi dalam lima model:

  1. Blog Affiliate. Dalam blog affiliate, biasanya para affiliate marketer menambahkan link affiliate yang mereka miliki.
  2. Web publisher blog. Blog model ini kurang lebih sama seperti media cetak. Ada content berupa artikel dan gambar, juga ada iklan. Jika anda ingin membuat model blog semacam ini, sebaiknya perhatikan isi (content) anda. Baik artikel yang anda tulis maupun gambar yang anda tampilkan. Tujuannya? Ya apalagi kalau bukan supaya banyak pengunjung yang mengunjungi blog anda. Harapannya, agar banyak yang tertarik pasang iklan di blog anda.
  3. Sales blog.Blog ini sama seperti toko online. Biasanya, para pengusaha offline juga menjual produk mereka di internet. Barang-barang yang dipajang pun kadang sama seperti barang yang mereka jual secara offline.
  4. Service blog. Jika sales blog menjual produk, service blog tentu menjual jasa. Jika anda punya keahlian tertentu, anda bisa promosikan jasa anda di sini. Keuntungan menggunakan blog, selain anda bisa tampil beda dari layanan jasa yang pernah ada, juga memperluas jangkauan pemasaran anda.
  5. Blog network.Blog network atau jaringan blog adalah blog jenis web publisher yang bergabung jadi satu. Jadi isi blog network ini bisa terdiri dari puluhan atau bahkan ratusan blog. Tujuan dari blog network biasanya untuk meluaskan jaringan online anda. Supaya anda bisa punya banyak link ke blog-blog lain.

Oya, anda juga bisa menggabungkan jenis-jenis blog di atas untuk meluaskan pemasaran produk atau penjualan anda. Nah, ide paling cerdas yang bisa anda wujudkan adalah membuat blog yang menggabungkan antara jenis blog affiliate dengan jenis blog yang lain. Mungkin bisa anda gabungkan antara blog affiliate, sales blog dan web publisher jadi satu. Selain dapat uang dari penjualan produk affiliate, anda juga bisa dapat uang dari iklan!

Menarik bukan? Tapi… ingat, isi yang anda tampilkan di blog harus sesuai. Kalau produk-produk yang anda tampilkan tidak sesuai dengan isi web publisher dan produk affiliate anda, ini bisa gawat! Pengunjung bisa langsung memvonis blog anda norak. Alias isinya tidak sesuai dan campur aduk.

Jadi, anda mesti pintar-pintar memadukan dan menyesuaikan isi blog. Setuju? Silakan berkreasi dan buat blog anda sebagai ladang uang!

11 Cara Efektif Mengubah Landing Page

11 Cara Efektif Mengubah Landing Page

Berubah adalah hukum alam. Berubah adalah kebutuhan. Mengapa saya berpendapat demikian?

Ya, ini ada hubungannya dengan landing page anda. Jika anda ingin terus memikat pengunjung, jangan pernah ragu untuk berubah. Jika landing page anda sudah bisa menggaet banyak pembeli, anda masih harus berpikir untuk mengubah landing page anda.

Tapi, jangan sembarang berubah. Ada beberapa langkah yang wajib anda perhatikan dalam melakukan perubahan. Tujuannya, sudah pasti menambah pembeli dan menjaring sebanyak mungkin contact pengunjung.

Selain itu, perubahan ini juga bisa anda buat jika anda ingin membuat image situs web anda berubah. Ah! Saya jadi ingat kenapa banyak brand-brand terkenal mengubah logo mereka. Misalnya saja logo bank-bank nasional.

Ok… sekarang kita bahas perubahan yang bisa anda lakukan dengan landing page anda.

1. Buat perubahan halaman
Pikiran untuk mengubah halaman sebaiknya sudah anda camkan dalam hati kecil anda jauh sebelum anda mulai membuat sebuah landing page. Maksudnya bagaimana? Begini, ketika anda mulai membuat satu landing page, anda juga harus punya cadangan desain landing page yang lain. Misal, tentang desain perubahan newsletter.

Maka sewaktu-waktu anda memutuskan untuk melakukan perubahan, anda sudah siap.

2. Buat riset kecil-kecilan
Riset ini berguna untuk mengetahui apa yang pengunjung anda cari dari situs web anda. Pelajari juga produk apa yang biasa mereka cari. Dan, silakan buat gambaran pengunjung ideal yang biasa mampir ke situs anda. Ingat, selanjutnya ubah landing page anda sesuai dengan tipe pengunjung sasaran anda.

3. Hapus bagian landing page yang tidak perlu
Pengunjung datang ke situs anda karena mereka ingin hal-hal yang spesifik. Mereka ingin segera dapat apa yang mereka cari. Jadi, jangan buyarkan konsentrasi mereka dengan bagian yang tidak penting.

Warna dan tipografi sebenarnya bermanfaat untuk situs anda. Dua hal ini bisa jadi arahan pengunjung. Tapi, jangan membuat terlalu banyak gambar yang bisa menyita perhatian pengunjung anda. So, koreksi semua gambar yang anda tampilkan. Jika berlebihan segera hapus!

4. Pindahkan navigasi
Anda bisa membuat selingan dengan memindahkan navigasi anda. Tapi, jangan pindahkan bagian navigasi yang tempatnya sudah diakrabi pengunjung. Misalnya tentang letak link anda.

5. Fokus
Tujuan utama landing page itu mencegah pengunjung anda pergi kemana-mana. Jadi, sebisa mungkin jangan biarkan pengunjung anda mengklik bagian selain promosi produk anda.

6. Tanyakan email saja
Jika anda meminta pengunjung mendaftar di newsletter, tanyakan saja alamat email mereka. Hindari bertanya terlalu komplit. Pengunjung bisa beranggapan situs web anda terlalu birokratis.

7. Tes, tes, dan tes
Setelah menyelesaikan semua desain landing page yang baru, jangan lupa untuk menguji coba. Nah, kemudian lagi-lagi anda harus bertanya pada diri sendiri.

  • Apakah semua bagian landing page sudah fokus pada pembelian?
  • Apakah iklan yang anda buat sudah bisa menyampaikan pesan untuk membeli?
  • Sudahkah anda mengurangi bagian yang membuyarkan konsentrasi pengunjung?
  • Apakah landing page ini bisa meningkatkan kualitas brand anda?

Yup!! jangan sembarang mengubah landing page ya… Sesuaikan dengan kebutuhan anda. Selamat berubah… dan buat landing page yang dinamis ya… jangan membosankan.

3 Langkah Taktis Lakukan Riset Pasar

3 langkah taktis riset pasarSetelah berniat menjadi affiliate marketer untuk kategori produk tertentu, anda perlu melakukan riset pasar.

Mengapa? Apa ini penting? Tidakkah ini merepotkan?

Anda boleh bertanya demikian dan berpikir bahwa menjadi affiliate marketer tidak perlu lakukan apa-apa lagi. Pendapat ini salah. Ibarat orang memancing, affiliate marketer itu perlu umpan.

Jika memancing tanpa umpan, jangan harap akan dapat ikan banyak. Seekor ikan pun tidak akan kita dapat. Lalu, bagaimana seharusnya? Bagaimana kita bisa memberi umpan?

Sabar dulu… memberi umpan itu berpromosi. Nah, sebelum melakukan promosi, anda perlu melakukan riset pasar. Riset pasar bisa membantu anda mengetahui seberapa besar tingkat permintaan pengunjung terhadap produk yang akan anda pasarkan. Dan, seberapa ketat persaingan yang mungkin anda hadapi.

So, bagaimana caranya meriset pasar?

  1. Amati situasi pasar. Ikuti informasi-informasi terbaru tentang situasi pasar berkaitan dengan produk yang anda promosikan. Pelajari merchant-merchant yang memiliki angka penjualan terbaik. Pelajari juga komentar para ahli tentang produk-produk unggulan itu. Untuk mencari tahu informasi ini anda bisa manfaatkan mesin pencari (search engine).
  2. Ukur permintaan terhadap produk. Dalam mengukur permintaan produk, silakan anda buat daftar kata kunci (keyword) yang berkaitan dengan produk anda. Misal anda menjadi affiliate produk sepatu. Carilah brand-brand sepatu yang terkenal. Tuliskan beberapa brand saja. Gunakan mesin pencari dan masukkan brand-brand tersebut dalam Keyword Selector Tool. Setelah anda menekan enter, anda bisa melihat urutan brand dari yang paling banyak di cari sampai yang paling sedikit. Jadi, pada tahap ini anda bisa tahu seberapa besar tingkat permintaan pengunjung terhadap produk anda. Jika dalam satu bulan ada 100 pengunjung mencari produk anda, bisa dikatakan produk anda salah satu yang laris.
  3. Cek persaingan antar penjual. Setelah anda tahu produk anda cukup diminati, lanjutkan riset anda dengan melihat persaingan antar penjual. Ada dua cara yang bisa anda lakukan untuk mengetahui tingkat persaingan ini.
  • Gunakan Paid Search Listings.

Paid search Listing kita gunakan untuk mencari daftar affiliate pesaing anda. Anda bisa gunakan search engine terpopuler seperti google, yahoo, atau MSN untuk Paid Search Listing. Biasanya menu ini terletak di pojok kanan atas dan bertanda ”Sponsored Results”. Selanjutnya, anda bisa memasukkan keyword yang sudah anda buat.

Jika menggunakan yahoo, anda bisa mengklik View Bids Tool (http://uv.overture.com/d/search/tools/bidtool/). Di sana anda bisa lihat berapa pesaing anda yang sudah beriklan dan melakukan penawaran. Akan lebih baik lagi jika anda memasukkan keyword yang spesifik. jadi anda bisa tahu persis berapa jumlah pesaing anda.

  • Gunakan Search Listings Biasa.

Cara ini sama seperti saat anda menggunakan mesin pencari. Misal anda menggunakan google, masukkan saja keyword anda dan tekan enter. Jika keyword anda terdiri lebih dari satu kata, tambahkan tanda petik (””).

Lakukan semua langkah-langkah di atas. Sebab semuanya saling terkait. Jika anda tidak melakukan tahap-tahap di atas, ada kerugian yang akan anda tanggung. Apa itu?

  • Jika tidak melihat situasi pasar.Tanpa melihat situasi pasar, anda tidak akan tahu kalau produk anda ternyata sudah kuno. Trend dan model selalu berganti. orang biasanya lebih suka produk-produk baru. Maka anda perlu anda meng-up date informasi tentang produk apa yang paling digemari sekarang.
  • Jika tidak mengukur permintaan produk. Jika tidak melakukan pengukuran terhadap permintaan pasar, anda tidak akan tahu kalau produk anda tidak memiliki peminat.
  • Jika tidak mengecek persaingan. Tanpa mengecek tingkat persaingan, anda tidak akan tahu persaingan yang anda hadapi sangat kompetitif. Dan, mungkin saja harga produk yang anda jual terlalu mahal dibanding produk lain. Dalam situasi seperti ini dapat dipastikan produk anda tidak akan laku.

So?… Lakukan saja langkah-langkah di atas. Semuanya mungkin tampak rumit. Tapi, jika anda melakukannya satu per satu, semua jadi mudah.

Just do it!!!

4 Strategi Singkat Membuat Produk Informasi yang Menjual

Setiap orang saya percaya bisa menulis. Menulis dengan sangat baik bahkan. Tapi kalau menulis yang menjual dan terus dicari orang, mungkin tak banyak yang bisa melakukannya.

Kini strateginya akan saya bagikan untuk anda semua. Anda penasaran? Ya, sebaiknya iya. Tapi pesan saya, setelah anda pelajari, tolong langsung ACTION. Agar ilmu yang anda serap bisa bermanfaat.

Ok. Langsung saja. Bagaimana membuat produk informasi yang menjual? Dan apa rahasianya?

Rahasianya adalah memiliki kemampuan menulis sama baiknya dengan keahlian marketing. Bukan zamannya lagi kalau seorang penulis hanya mampu menulis saja. Tapi juga dituntut untuk dapat memasarkan hasil karyanya, tanpa selalu hanya tergantung bagian pemasaran.

Banyak kasus membuktikan justru pemasaran yang baik mampu mendongkrak produk yang biasa saja. Sebaliknya, produk yang bagus tapi tanpa ditunjang pemasaran yang hebat, penjualannya menjadi tak terdongkrak. Idealnya memang kedua hal tadi sama baiknya agar bisa saling mengisi. Dan yang lebih penting lagi, tak membuat pembeli kecewa.

Nah, kini yang kita bahas adalah strategi singkat membuat produk informasi yang menjual. Sejak awal kegiatan marketing justru diawali oleh si penulis sendiri. Berikut ini tipsnya:

  1. Topiknya menjual. Artinya topiknya memang dibutuhkan orang banyak. Tidak cuma beberapa orang saja yang membutuhkannya. Sebaiknya juga topiknya membahas aspek primer dari hidup manusia dan yang terus dibutuhkan sepanjang hidup manusia. Misalnya tentang keuangan, kesejahteraan, cara mencari uang, cara mencari kerja, dst. So, selalu tanyakan setiap anda berniat membuat produk informasi, apakah topik ini dibutuhkan banyak orang dan sepanjang zaman?
  2. Pelajari yang anda suka dan tuliskan pengalaman anda itu. Setelah anda tetapkan topiknya, terus coba cari apa kira-kira yang menarik minat anda. Lalu anda hanya perlu belajar tentang hal yang anda sukai itu. Cukup luangkan waktu 2-3 jam sehari untuk mempelajari bidang yang menarik minat anda itu. Sambil belajar anda praktekkan ilmu yang anda miliki. Dan setelahnya anda bisa tuliskan ilmu yang telah anda pelajari dan praktekkan itu.
  3. Kuasai copywriting. Sebagai penulis produk informasi, anda harus kuasai copywriting. Baik untuk menulis sales letter maupun dalam berpromosi. anda bisa meningkatkan kemampaun anda dengan membaca buku tentang copywriting. Tapi cara yang terbaik menurut saya adalah dengan belajar dari membaca sales letter. Coba anda kunjungi www.FormulaBisnis.com dan baca baik-baik sales letternya. Hal yang sama bisa anda lakukan setiap masuk ke website penjualan. Baca baik-baik dan terapkan dalam sales letter anda.
  4. Bangun personal brand anda. Memiliki brand yang kokoh perlu anda bangun sejak awal. Agar ketika anda telah meluncurkan produk informasi anda, anda telah dikenal sebagai seseorang yang kredibel. Membentuk personal brand bisa menggunakan blog. Tentang personal branding ini juga sudah pernah dibahas oleh Mas Arief dan Mas Zams.

Keempat strategi ini bisa dikuasai seiring proses yang anda tempuh. Dan yakinlah, menulis dan menjual itu bukan hal sulit. Kalau keyakinan ini sejak awal tertanam dalam diri anda, anda akan melakukannya dengan enjoy.

Bagaimana? Anda sudah siap membuat produk informasi yang menjual?

Bagaimana Cara Memoles Brand Blog Anda?

Anda punya blog? Kalau belum dan berniat membuat blog, mulailah untuk memikirkan tidak hanya sekedar membuat blog. Tapi memiliki blog yang ber-brand kuat. Kalau anda sudah telanjur punya blog, tak ada kata terlambat untuk mulai membangun brand blog anda.

Mengapa membuat brand blog yang kuat penting? Di tengah “hutan belantara” internet yang berisi jutaan blog, hanya blog yang ber-brand kuatlah yang akan selalu dingat pengunjung, berulangkali didatangi pengunjung, akan sanggup bertahan, dan terus mendulang uang. Brand itu pula yang akan meneguhkan keseluruhan citra blog anda. Dan branding juga yang menjadi akar dari semua aktivitas marketing anda.

So, apa yang harus dilakukan?

Membranding blog meliputi banyak elemen. Keseluruhan elemen itu bertugas untuk membuat pesan atau citra khusus di benak pengunjung. Elemen-elemen itu meliputi:

  1. Niche, Target, Positioning. Coba jawab pertanyaan berikut. Apa isi blog anda? Bagaimana blog anda berbeda dengan blog lainnya? Siapa sasaran pengunjung anda? Apakah blog anda bisa “memuaskan” pengunjung anda? Dengan menjawab pertanyaan-pertanyan tersebut, anda bisa tahu topik blog anda, target pengunjung yang anda sasar, dan bagaimana posisi anda di mata pengunjung anda.
  2. Nama blog. Gunakan nama yang unik dan sesuai dengan tujuan blog anda. Bisa misalnya dengan menggunakan nama anda, atau nama niche blog anda, dan mungkin pula keyword yang paling banyak digunakan dalam niche anda. Tapi ingat, yang jelas nama blog anda harus singkat, mudah diingat, gampang diucapkan, dan mewakili diri/bisnis anda. Acuan lain pemilihan nama blog bisa dibaca di sini.
  3. Slogan. Punya slogan penting untuk memperkuat pesan yang ingin anda sampaikan lewat blog anda. Prinsip penentuan slogan sebisa mungkin mengungkap ciri utama blog anda. Bila tidak, bisa pula menyampaikan keuntungan yang akan didapatkan pengunjung blog anda. Slogan yang anda buat harus unik, kuat, dan sesuai dengan isi blog anda.
  4. Logo. Logo merupakan kristalisasi dari blog anda yang dibuat dalam bentuk visual. Logo merupakan salah satu bentuk komunikasi blog anda kepada pengunjung. Logo juga merupakan penanda blog yang memiliki sebuah pesan. Penting untuk diingat, apakah pesan logo tersebut mudah ditangkap dan logo anda konsisten dengan slogan anda. Selain logo, desain blog yang menarik dan sesuai dengan isi blog mampu membuat kredibilitas anda meningkat.
  5. Posting. Artikel blog juga menjadi salah satu elemen penting blog anda. Dalam memposting, pemakaian bahasa yang tepat dan sesuai target pengunjung dan positioning anda wajib diperhatikan.

Keseluruhan elemen tersebut nantinya bertugas untuk membentuk brand blog anda, yang pada akhirnya bermuara pada membentuk kepercayaan pengunjung dan membangun kredibilitas anda. Bahwa blog anda memang tempat paling baik untuk mencari informasi tentang suatu topik. Bahwa anda memang pakar dalam bidang tersebut.

Kemudian, brand yang mulai terbentuk itu selanjutnya diterapkan ke dalam berbagai strategi marketing untuk menumbuhkan brand awareness. Apa saja strategi marketing yang dipakai? Strategi marketing yang bisa anda lakukan meliputi menjalin hubungan dengan sesama blogger, menggunakan direct mail kepada para subscriber blog anda, bisa dengan membuat pelatihan atau seminar, membentuk komunitas, dan sebagainya.

Kalau anda melakukannya dengan benar dan konsisten, dijamin brand blog anda bakal meningkat. Dan blog anda bukan sekedar menjadi blog yang biasa saja.

Beraksilah dan sukses akan mengikuti aksi-aksi anda…

Inilah 10 Kiat Membuat Blog Anda Jadi Makin Terkenal dan Meraup Sukses Besar


Anda punya blog? Dan ingin blog anda mengalami sukses besar? Pastilah anda semua akan menganggukkan kepala tanda setuju dan menjawab,” Ya!!!” Nah, kemudian pasti pertanyaan yang diajukan berikutnya bagaimana melakukannya?

Kalau benar seperti itu yang anda tanyakan, silakan lanjutkan membaca.

Seperti yang saya katakan tadi, saya akan beritahu cara membuat blog anda cepat terkenal dan meraup sukses besar. Saya tulis secara singkat agar anda mudah dan cepat memahaminya. Serta segera bisa meng-ACTION-kannya. Ini dia kiat-kiatnya…

  1. Buat link ke blog lainnya. Terutama ke blog yang trafficnya tinggi dan topiknya sama dengan blog anda.
  2. Berlombalah jadi yang pertama berkomentar. Lakukan ini terutama di blog yang pengunjungnya banyak. Karena komentar anda pasti akan terbaca oleh pengunjung lainnya. Kalau komentar anda menarik, mereka pasti langsung menuju ke blog anda.
  3. Pancing mereka untuk berkomentar. Cara melakukannya bisa anda baca di sini.
  4. Berkomentar untuk menjalin hubungan. Jangan selalu berkomentar hanya demi kepentingan bisnis saja. Tapi bicaralah seperti layaknya obrolan antar-manusia. Tanyakan bagaimana kabar mereka, sedang sibuk apa, atau anda bisa berbagi cerita tentang kejadian menarik yang baru anda alami. Komentar yang alami dan penuh persahabatan seperti layaknya obrolan antar kawan bisa memperkokoh jalinan hubungan.
  5. Ijinkan trackback dan link pada tempat berkomentar. Salah satu alasan blogger dalam berkomentar adalah agar bisa membangun jejaring link-nya. Penuhilah keinginan mereka, jangan abaikan.
  6. Buat review tentang blog lain. Mereka yang anda buat review blognya pasti akan sangat senang. Ya, ibaratnya anda telah mau menceritakan isi blog tersebut ke pengunjung anda. Blog yang telah anda buat review-nya minimal pasti akan mengunjungi blog anda.
  7. Jawablah komentar yang ditujukan pada anda. Punya blog berarti anda harus mau berinteraksi dengan blog lain. Kalau anda hanya ingin mengasingkan diri dengan ngeblog di dunia maya, urungkan niat anda itu. So, jangan biarkan komentar mereka bertepuk sebelah tangan. Bagaimana caranya menjawab komentar?
  8. Buatlah artikel yang tak lekang ‘dimakan’ waktu. Maksudnya, yang tidak mudah basi dan dilupakan orang. Tapi yang selalu dibutuhkan orang sampai kapanpun. Seperti artikel berbentuk how-to yang sedang anda baca ini. Jenis-jenis artikel lainnya silakan klik di sini.
  9. Pelihara hubungan baik dengan blog lain. Khususnya dengan blog yang ikut menyumbang aliran traffic ke blog anda. Alias dari sana salah satu sumber datangnya pengunjung ke blog anda.
  10. Masukkan posting mereka ke social media. Ini cara lain yang bisa anda perbuat untuk memperkuat hubungan. Mereka pasti senang kalau tahu anda membantu menyebarluaskan posting blog mereka ke social media.

Bagaimana komentar anda? Atau anda mau menambahkan kiat-kiat lainnya?

Teknik Promosi Apa yang Terbaik, SEO atau PPC?

Punya situs web atau blog, anda pasti ingin posisinya jadi yang terdepan dalam pencarian search engine. Kalau bisa, di semua kata kunci yang dibidik, situs web anda jadi yang pertama. Maka tak ada pilihan lain, kecuali menggiatkan promosinya.

Nah bicara soal teknik promosi, ada dua pilihan utama yang sering dipakai untuk mendongkrak posisi sebuah situs web: SEO dan PPC. Di antara keduanya, mana pilihan terbaik anda? SEO kah atau PPC?

Sebelum anda menentukan pilihan, mari kita urai satu per satu terlebih dulu…

Search engine optimization (SEO) berhubungan dengan upaya merebut perhatian search engine. Agar search engine menempatkan situs web anda di halaman depan pencarian. Dalam istilah yang lebih gaul aktivitas SEO disebut upaya merebut cinta Google. Agar ketika Google (dan search engine lainnya) telah terpikat oleh situs web anda, maka dengan senang hati situs web anda akan ditempatkan pada posisi terhormat dalam hasil pencarian.

Tentang SEO ini Mas Satriyo punya pengalaman tersendiri. Juga cerita dari Mas Hengky dan Mas Zamahsari.

Sedang Pay Per Click (PPC) maksudnya anda beriklan yang hitungan pembayarannya dari setiap kali iklan anda diklik. Seperti di Adwords atau untuk PPC lokal seperti di Adsensecamp yang diikuti Mas Arief. Dengan beriklan di Adwords misalnya, iklan anda akan ditampilkan dalam halaman depan hasil pencarian Google. Harapannya aliran traffic ke situs web anda membludak dan meningkatkan penjualan produk anda.

Bila anda pilih cara cepat, memakai PPC adalah jawabannya. Langsung iklan anda bisa tampil di halaman depan pencarian Google. Tapi tentu anda perlu keluar uang untuk beriklan. Sedang kalau menggunakan SEO, prosesnya tak seinstan PPC. Apalagi anda perlu belajar terlebih dulu soal SEO. Baru setelah menguasainya, anda bisa mengetes kemampuan SEO anda. Dan melihat bagaimana hasilnya.

Lalu kalau anda ingin menggunakan SEO, tapi tanpa perlu belajar bagaimana? Bisa juga. Anda tinggal menyewa ahli SEO untuk mengutak-atik situs web anda. Tapi sekali lagi, hasilnya tak secepat memakai PPC. Setelah SEO dilakukan, anda butuh waktu sampai search engine meng-update hasilnya.

Kalau saya ditanya apa yang paling efektif, saya akan jawab begini. Pertama, saya akan gunakan PPC. Saya akan test kata kunci yang saya pilih dan melihat hasilnya. Jika hasilnya bagus, saya akan teruskan dengan SEO. Setelah keduanya saya ketahui hasilnya, baru saya kombinasikan keduanya.

Nah kalau menurut anda bagaimana? Saya yakin anda punya jawaban sendiri. Mari kita diskusi di sini…

Bagaimana Memilih Topik Blog yang Menarik Pengunjung Seperti Magnet

Memilih Topik BlogTopik atau tema blog sangat menentukan kesuksesan blog yang kita buat. Sebab dari situlah pengunjung memutuskan perlu mampir atau tidak di blog kita.

Bila topiknya tak sesuai yang diharapkan, pengunjung akan langsung minggat mencari blog lain. Tapi kalau topiknya cocok, pengunjung akan betah dan bahkan tak segan membelanjakan uangnya di blog kita.

Lalu topik apa yang seharusnya dipilih?

Pasti ini yang ingin anda tanyakan. Wajar kok! Pertanyaan ini sering sekali ditanyakan terutama oleh newbie blogger. Dan tak ada yang salah dengan pertanyaan itu. Karena memang inilah keputusan pertama yang akan menentukan keberhasilan blog anda. Percuma saja kita sudah melangkah ratusan kilometer, jika ternyata jalur yang kita pilih keliru. Tujuan kita tidak akan pernah tercapai!

Ada beberapa kesalahan umum yang sering dilakukan ketika memilih topik blog:

  • Latah. Kebanyakan blogger pemula biasanya suka latah. Mereka suka memilih topik blog hanya karena melihat blog lain sukses dengan topik tersebut. Memang tidak dosa jika meniru topik blog yang sudah ada. Tapi ini juga menunjukkan sejauh mana anda serius menggeluti blog anda. Suka latah hanya akan membuat anda selalu menjadi nomer dua. Karena begitu anda meniru suatu blog, blog yang anda tiru sudah melangkah lebih jauh. Buka mata dan pikiran! Di dunia maya sangat banyak hal yang bisa dieksplorasi. Jangan cuma terpancang dengan tema-tema blog yang sudah ada. Cari sesuatu yang baru, yang fresh, yang membuat penduduk dunia maya berkata, ”oh it’s fresh and great topic!”
  • Topiknya anda suka tapi tak banyak orang minat. Ini kesalahan kedua yang sering dilakukan. Maksudnya sih ingin tampil beda, tapi jadinya malah blog anda menderita karena jarang ada yang bertamu. Perlu juga diperhatikan berapa banyak orang yang tertarik dengan topik blog yang anda pilih. Karena banyak sedikitnya pengunjung berbanding lurus dengan kesuksesan yang ingin anda capai.
  • Topiknya tidak anda dipahami. Jangan sekali-kali memilih topik blog yang tak anda pahami sama sekali. Selain bisa membuat anda tersesat, juga sangat mungkin membuat banyak orang lain ikut tersesat. Dampak ekstrimnya, blog anda dicap sebagai penyebar kesesatan. Dan karir anda sebagai blogger akan habis tanpa pernah mencicipi kesuksesan sebelumnya!
  • Topik tidak fokus. Memilih topik yang sangat luas bisa membuat pengunjung bingung dengan blog anda. Bukannya mendapatkan pencerahan dari blog anda, permasalahan yang tengah dicari solusinya oleh pengunjung mungkin bisa tambah tidak karuan. Bagi anda sebagai pemilik blog, jangankan mengharapkan pundi-pundi uang berdatangan, tidak dijuluki blogger yang tidak jelas saja sudah untung. Sebaiknya, pilih topik yang fokus. Kalaupun memiliki ketertarikan terhadap beberapa bidang, usahakan masih berkaitan. Tentu tidak nyambung kan kalau topik blog anda tentang dunia kesehatan dan tambal ban?

Kalau bingung dan tidak punya ide sama sama sekali tentang topik blog yang akan dipilih, terus bagaimana?

Kalau pikiran anda sama sekali kosong melompong, coba tanyakan pada diri sendiri dan tulis pada secarik kertas. Apa hobi anda? Apa yang anda minati atau suka? Apa saja pengalaman anda? Yang anda pelajari selama ini apa? Atau keahlian apa yang paling membanggakan dari diri anda?

Kemudian dari sekian deretan topik yang sudah ditulis, tentukan topik blog anda. Perhatikan dan ingat, jangan sampai kesalahan-kesalahan pemilihan topik di atas terjadi pada anda.

Biasanya sih kebanyakan blogger memilih topik yang disuka. Karena lebih mudah untuk memulai ngeblog. Itu juga yang saya sarankan. Yang penting, anda KONSISTEN mengelola blog anda dan mencoba menghadirkan TRAFFIC yang tinggi ke blog anda

Kenapa?

Kalau tidak konsisten, sebulan dua bulan mungkin anda sudah bosan dengan blog anda. Jelas waktu satu dua bulan tersebut menjadi terbuang percuma. Selain juga duit anda lenyap tanpa hasil buat internetan.

Supaya tidak seperti itu, selain konsisten, anda harus bisa mendatangkan traffic yang tinggi. Karena dari situlah potensi penghasilan anda muncul. Memang lebih mudah makan rambutan daripada mendatangkan traffic. ;) Tapi traffic yang tinggi sangat mungkin terwujud—lagi-lagi—tergantung semenarik apa topik blog anda di mata pengunjung. So, pilih topik yang memang dicari banyak orang.

Anda masih bingung memilih topik gara-gara banyak hal yang disuka?

Saran saya pilih satu lalu SERIUSI dan TEKUNI. Curahkan perhatian pada satu bidang tersebut. Kalau anda tidak segera putuskan, anda tidak akan pernah tahu topik yang anda tetapkan itu disukai pengunjung atau tidak.

Sekali lagi, pengunjung yang akan menentukan topik blog anda menarik atau tidak. Karena itu, segera tetapkan topik dan mulai ngeblog. Tulis dan lihat bagaimana respon pengunjung. Selanjutnya, anda boleh melakukan penyesuaian. Kira-kira apa yang kurang dari topik yang anda pilih. Perlu disempitkan lagi atau justru diperluas? Atau mungkin soal isi blog? Ini akan kita bahas lain kali.

Saya tekankan lagi, sangat penting memulai ngeblog dengan memilih SATU topik daripada memilih banyak topik. Karena dengan begitu anda bisa mencurahkan waktu dan energi anda. Anda bisa fokus!

Saran lainnya, daripada mempunyai banyak blog, sebagai permulaan lebih baik punya satu blog saja. Karena dengan begitu konsentrasi anda dalam mengelolanya bisa lebih maksimal.

Selain itu, tetapkan target terhadap blog anda. Dua atau tiga bulan waktu yang cukup baik untuk melakukan evaluasi. Bila dalam waktu itu, blog anda bisa menghasilkan seperti target yang anda harapkan, anda boleh lanjutkan. Tapi jika tidak, jangan ragu untuk berubah. Ganti topik blog anda. Mungkin topik blog anda pasaran? Atau mungkin sedikit orang yang tertarik dengan topik yang anda tulis?

Selain ganti topik, alternatif lainnya anda bisa buat blog baru. Konsekuensinya anda harus mau kehilangan hasil kerja keras anda selama tiga bulan. Tapi tak mengapa. Asal anda pandang itu yang terbaik untuk kelangsungan blog anda, tak ada salahnya mencoba. Dan jadikan pengalaman selama tiga bulan sebagai bekal untuk ngeblog lebih lanjut. Kata banyak orang, experience is the best teacher!

Pilihan lainnya? Mungkin anda bisa jual blog anda. Siapa tahu ada yang tertarik. Dan anda bisa buat blog baru…